Kamis, 27 November 2008

Ibadah Haji......

Menunaikan ibadah haji merupakan pelaksanaan Rukun Islam ke-5. Barang siapa diantara ummat Islam telah mampu (ilmu, fisik dan biaya), maka wajib bagi dia untuk menunaikan ibadah haji.
Saat ini kurang lebih 2 juta ummat Islam berkumpul di Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji.
Saat dalam kondisi ihrom, saat tidak ada lagi perbedaan jama'ah haji dalam hal pakaian. Semua sama. Pejabat, pedagang, petani, buruh, kulit hitam, kuning, sawo matang, putih, suku-suku, dll, semua berpakaian sama....putih. Saat itu semua (seharusnya) merasakan bahwa yang Maha adalah Alloh SWT, yang berhak Sombong hanyalah Alloh SWT.
Saat jemaah haji berkumpul (wukuf) di Arofah. Semua sama di sisi Alloh SWT. Semua berkumpul di padang Arafah, sebagaimana nanti akan kembali dikumpulkan di padang Makhsyar. Pada saat itu kita tidak bisa memikirkan yang lain selain bagaimana mendapatkan jalan selamat.
Semoga semua jemaah haji dapat melaksanakan ibadah hajinya dengan baik.
Ya Alloh, sempurnakanlah haji mereka, khusu' kanlah mereka dalam ibadahnya, dan anugerahilah mereka haji yang mabrur. berilah kesempatan kepada kami yang berlu bisa melaksanakannya untuk dapat menunaikannya. Bila kesempatan itu tidak ada, gantikanlah dungan Syurga Mu. Amin

Tidak ada komentar: